Sekedar Curhat: Tak Selamanya Jalan Skripsi Mulus

Oke hari ini hari pertama buat pengujian subjek uji untuk skripsi saya, sebut saja ini tahap persiapan. Hari ini diajak  keliling laboratorium buat tahu seluk beluk tempat saya penelitian selama sebulan di sana. Mulai dari masuk ruang pengujian, diberitahu cara kerja di laminar seperti apa (walaupun sudah pernah dapat teori dan prakteknya waktu kuliah semester lalu tetep aja rasanya seperti pertama kali nerima penjelasan ini, hedeh -.-). Selain itu disuruh ngebon bahan dan alat penelitian buat dipake besok, masuk ruang bahan dan alat steril, dan dikenalin ruang kerja mandiri buat pengujian makrofag dan limfosit. Oh ya tadi juga udah membuat larutan bahan-bahan untuk pengujian makrofag dan limfosit, disuruh ngisi spet suntik dengan RMP dan ngoplos larutan untuk membuat  larutab NK 10 %, entah berapa kali si teknisi yang mendampingi bilang “kerjanya harus steril ya, inget steril…”, Huaaaaa iya, Bu… Iya saya kerja steril, Bu. Ampun!!!

Untungnya tahap persiapan ini cuma dua jam…

Mau tahu rasanya seperti apa??? BERASA PALING BODOH SEDUNIA, BERASA GAK NGERTI APA-APA!!!!

Ya itu yang saya rasakan, serasa mengintimidasi diri sendiri : “Betapa bodohnya kamu Phe, kerja di lab kok kacau begini. Apa-apa semua mesti dibilangin, diajarin semacam gak pernah dapet  praktikum. Gak ada inisiatif  T.T”

Huuuuaaaaa pengen treak rasanya.

Tapi sisi lain dari saya bilang, “Tetap semangat Phe, ini belum apa-apa masih ada hari besok yang jauh lebih berat, banyak tantangan, banyak hal baru yang akan kamu temui dan tentunya buat kamu lebih menganga, lebih berasa bodoh. Klo diri kamu gak semangat kapan ini skripsi mau selesai???”

 

OKE SAYA SEMANGAT, SAYA MASIH SEMANGAT, DAN SELALU SEMANGAT. MAU TANTANGAN KAYAK APA JUGA, MAU DIANGGAP BODOH SEDUNIA SAMA SIAPA AJA, MAU DIREMEHIN, MAU DIPANDANG SEBELAH MATA, GAK AKAN BUAT SEMANGAT SAYA BUAT PENELITIAN INI LUNTUR. KARENA SAYA MAU BELAJAR, GAK MAU BODOH TERUS, MAU ADA PERUBAHAN BEGITU SELESAI PENELITIAN INI. MAU JADI PINTAR DAN MAU JADI SARJANA FARMASI…

 

YAH SEMANGAT SEMANGAT SEMANGAT!!!!

 

“Apabila bertambah banyak pikiran dalam batinku, penghiburan-Mu menyenangkan jiwaku.” -Mazmur 94:19-
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: