Belajar dari Manusia Setengah Salmon (Raditya Dika)

Sengaja menuliskan beberapa quotes menarik yang sudah aku baca dari bukunya Raditya Dika “Manusia Setengah Salmon” untuk memudahkan aku mengingat setiap kalimat penuh inspirasi ini sehingga aku dapat menikmati hidup dengan caraku sendiri…

  1. Ketika sesuatu sudah mulai sempit dan tidak nyaman, saat itulah seseorang harus pindah ke tempat yang lebih luas dan (dirasa) cocok untuk dirinya. Rumah ini tidak salah. Yang kurang tepat itu bila dua hal dirasa sudah tidak lagi menyamakan tetap di pertahankan untuk bersama. Mirip seperti gue dan dia. Dan, dia memutuskan untuk pindah. (Hal. 29)
  2. Putus cinta sejatinya adalah sebuah kepindahan.
    Bagaimana kita pindah dari satu hati, ke hati yang lain.
    Kadang kita rela untuk pindah, kadang kita dipaksa untuk pindah oleh orang yang kita sayang, kadang bahkan kita yang memaksa orang tersebut untuk pindah. Ujung-ujungnya sama: kita harus maju, meninggalkan apa yang sudah menjadi ruang kosong.
    (Hal: 36)
  3. Sebaiknya, semakin bertambah umur kita, semakin kita dekat dengan orangtua kita.
    Kita nggak mungkin selamanya bisa bertemu dengan orangtua kita. Orangtua kita bakalan ninggalin kita, sendirian.
    Dan kalau hal itu terjadi, sangat tidak mungkin untuk kita mendengar suara menyebalkan mereka kembali. (Hal: 133)
  4. Sesungguhnya, terlalu perhatiannya orang tua kita adalah gangguan terbaik yang pernah kita terima. (Hal: 134)
  5. Your first date is his/her timeline (Hal: 152).
  6. Mick Jagger: you cant always get what you want, but if you try, sometimes you just might find you get what you need.
    (Hal: 161).
  7. Tumbuh dewasa memang menyenangkan, tapi tumbuh dewasa juga harus melalui rasa sakit-sakit ini.
    The pains of growing up.

    “Pindah” menjadi dewasa berarti siap menghadapi rasa sakit dan melihat hal-hal yang menyakitkan itu sendiri. (Hal: 203)
  8.  Salah satu tanda orang udah dewasa adalah ketika dia sudah pernah patah hati.
    (Hal: 204)
  9. Perjuangan untuk pindah adalah perjuangan untuk melupakan. (Hal: 244)
  10. Hidup sesungguhnya adalah potongan-potongan antara perpindahan satu dengan lainnya.
    Kita hidup diantaranya. (Hal: 254)
  11. Hidup penuh dengan ketidakpastian, tetapi perpindahan adalah sesuatu hal yang pasti. (Hal: 255)
  12. Untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik, gak perlu menjadi manusia super.
    Hanya perlu menjadi manusia setengah salmon: berani pindah. (Hal: 256)
  13.  “Kenapa semuanya jadi pindah secepat ini?”
    “Ya, mau gimana? Emang harus begini kan? Kita kan nggak bisa ngelawan waktu. Semuanya pasti berubah.” (Hal:257)
  14. Mungkin, gue hanya perlu mencari kebahagiaan-kebahagiaan kecil diantara semua perpindahan ini. (Hal: 258)
  15. Manusia setengah salmon, manusia yang berani pindah dengan segala kemungkinan nantinya, pindah dari satu hati ke hati yang lain, pindah untuk mencari apa yang kita butuhkan. Sama seperti salmon yang berani bermigrasi, melawan arus sungai, berkilometer jauhnya hanya untuk bertelur. Sekalipun itu tidak gampang. Namun perpindahan pasti terjadi.

Kumpulan Kalimat Penuh Makna dalam Marmut Merah Jambu (Raditya Dika)

1. Orang yang jatuh cinta diam-diam memenuhi catatannya dengan perasaan hati yg tidak tersampaikan

2. Apa yang salah dari orang yang terlalu dalam sayang sama orang lain?

3. Tidak ada yang bisa menghilangkan rasa selai kacang seperti cinta yang tak terbalas.

4. Jika cinta bisa membuat tahi jadi rasa cokelat, cinta yang tak terbalas bisa membuat cokelat jadi rasa tahi

5. Cinta mungkin buta, tapi kadang, untuk bisa melihatnya dengan lebih jelas, kita hanya butuh kacamata yg pas

6. “kita bakalan kayak gini terus”. Janji yang terkadang gak bisa ditepati

7. Belalang sembah jantan berani mati demi cinta.
(Jadi, kalo belalang sembah abis kimpoi, kepala belalang sembah cowok bakalan dimakan sama belalang sembah yang cewek)

8. Ferret. “Mereka mati gara-gara jomblo”
(Ferret betina itu jika tidak kimpoi pada musim kimpoi, mereka akan kelebihan hormon yg dapat menyebabkan mereka mati)

9. Burung lovebirds, burung ini setia sama satu pasangan selama hidupnya
(Burung ini cuma menikah satu kali, jika salah satu pasangan mereka mati, maka yang lain akan setres terus gak lama bakal nyusul mati juga)

10. Pacaran pada dasarnya punya risiko: ngambek, marah, dan akhirnya diselingkuhi, dan patah hati.

11. seperti marmut yang tidak tahu kapan harus berhenti berlari di roda yg berputar.

12. Karena kita seperti belalang, tahu bahwa untuk mencintai seseorang, butuh keberanian.

Kata-kata mutiara di film Harry Potter

Kata-kata Mutiara Di Film Harry Potter

Ini dia kata kata mutiara / indah yang ada di Film Harry Potter. Sebenarnya terdapat banyak kata-kata mutiara dalam Film ini. Saya hanya memberikan beberapa yang saya dapat.

-Kebenaran itu indah dan mengerikan dan karenanya harus diperlakukan dengan amat hati-hati.

-Persembahkan kepadaku bukti sakitmu, Persembahkan kepadaku buah usahamu, Persembahkan kepadaku harta masa lalumu.

-Usiklah misteri-misteri terdalam sumber hidup, esensi diri-hanya jika kau telah siap menanggung konsekuensi paling ekstrem dan paling berbahaya.

-Sesuatu yang indah dimana kita bisa menghilangkan kenangan perih yang amat mendalam.

-Magic always leave traces, sometimes very distinctive.

-Time and space matter in magic. (severus snape)

-There is no spell that can truly bring the dead back to life, however several cases of dead people becoming half-alive are known.

-Love is treated as a branch of magic, although it does not seem to be something that easily controlled, rising unbidden from emotion itself.

-Manusia dilihat bukan dari keluarga mana dia dilahirkan, tapi akan jadi apa setelah dia dilahirkan.

-Pilihan kitalah yang jauh lebih menunjukan siapa diri kita sebenarnya, dibandingkan kemampuan kita.

-Kebahagiaan dapat ditemukan, bahkan di saat-saat paling kelam, asalkan seseorang ingat untuk menghidupkan sisi terangnya.

-Sesuatu yang hilang punya cara sendiri untuk kembali kepada kita pada akhirnya, walaupun dengan cara yang tidak kita duga.
(Luna Lovegood, ending of Harry Potter and the Order of the Phoenix)

to the well-organized mind, death is but the next great adventure
Albus Dumbledore

It is our choices Harry, that show what we truly are, far more than our abilities
Albus Dumbledore

Hasn’t your experience with the Time-Turner taught you anything, Harry? The consequences of our actions are always so complicated
Albus Dumbledore

You think the dead we loved ever truly leave us? You think we don’t recall them more clearly than ever in times of great trouble? Your father is alive in you, Harry, and shows himself plainly when you have need of him
Albus Dumbledore

You fail to recognize that it matters not what someone is born, but what they grow up to be!
Albus Dumbledore

When You Love Someone

Endah feat Rhesa

I love you but it’s not so easy to make you here with me
I wanna touch and hold you forever
But you’re still in my dream
And I can’t stand to wait ‘till nite is coming to my life
But I still have a time to break a silence
When you love someone
Just be brave to say that you want him to be with you
When you hold your love
Don’t ever let it go
Or you will loose your chance
To make your dreams come true…

I used to hide and watch you from a distance and i knew you realized
I was looking for a time to get closer at least to say… “hello”
And I can’t stand to wait your love is coming to my life
When you love someone
Just be brave to say that you want him to be with you
When you hold your love
Don’t ever let it go

Or you will loose your chance
To make your dreams come true…

And I never thought that I’m so strong
I stuck on you and wait so long
But when love comes it can’t be wrong
Don’t ever give up just try and try to get what you want
Cause love will find the way….
When you love someone
Just be brave to say that you want him to be with you
When you hold your love
Don’t ever let it go
Or you will loose your chance
To make your dreams come true…

Emang gak mudah menyatakan C.I.N.T.A tapi jauh lebih gak mudah lagi untuk berpura-pura gak cinta

Emang gak mudah menyatakan C.I.N.T.A tapi jauh lebih gak mudah lagi untuk berpura-pura gak cinta

-Cinta Terlarang- Rio Dewanto

Cinta bisa datang kapan saja, biasanya dia hadir tiba-tiba lalu semua berubah.

Hati ini menjadi resah.

Aku bukan manusia sempurna namun ku masih miliki mimpi, ku tahu kau juga tak sempurna namun

berdua  kita saling mengisi.

Ku tahu cinta ini terlarang walau rasa ini tak sanggup kupungkiri, kuharap kau mengerti.

Apa jadinya dunia kalau mereka tahu tentang kita…

forbidden love : the only kind worth fighting for

forbidden love : the only kind worth fighting for

Sekedar Curhat: Tak Selamanya Jalan Skripsi Mulus

Oke hari ini hari pertama buat pengujian subjek uji untuk skripsi saya, sebut saja ini tahap persiapan. Hari ini diajak  keliling laboratorium buat tahu seluk beluk tempat saya penelitian selama sebulan di sana. Mulai dari masuk ruang pengujian, diberitahu cara kerja di laminar seperti apa (walaupun sudah pernah dapat teori dan prakteknya waktu kuliah semester lalu tetep aja rasanya seperti pertama kali nerima penjelasan ini, hedeh -.-). Selain itu disuruh ngebon bahan dan alat penelitian buat dipake besok, masuk ruang bahan dan alat steril, dan dikenalin ruang kerja mandiri buat pengujian makrofag dan limfosit. Oh ya tadi juga udah membuat larutan bahan-bahan untuk pengujian makrofag dan limfosit, disuruh ngisi spet suntik dengan RMP dan ngoplos larutan untuk membuat  larutab NK 10 %, entah berapa kali si teknisi yang mendampingi bilang “kerjanya harus steril ya, inget steril…”, Huaaaaa iya, Bu… Iya saya kerja steril, Bu. Ampun!!!

Untungnya tahap persiapan ini cuma dua jam…

Mau tahu rasanya seperti apa??? BERASA PALING BODOH SEDUNIA, BERASA GAK NGERTI APA-APA!!!!

Ya itu yang saya rasakan, serasa mengintimidasi diri sendiri : “Betapa bodohnya kamu Phe, kerja di lab kok kacau begini. Apa-apa semua mesti dibilangin, diajarin semacam gak pernah dapet  praktikum. Gak ada inisiatif  T.T”

Huuuuaaaaa pengen treak rasanya.

Tapi sisi lain dari saya bilang, “Tetap semangat Phe, ini belum apa-apa masih ada hari besok yang jauh lebih berat, banyak tantangan, banyak hal baru yang akan kamu temui dan tentunya buat kamu lebih menganga, lebih berasa bodoh. Klo diri kamu gak semangat kapan ini skripsi mau selesai???”

 

OKE SAYA SEMANGAT, SAYA MASIH SEMANGAT, DAN SELALU SEMANGAT. MAU TANTANGAN KAYAK APA JUGA, MAU DIANGGAP BODOH SEDUNIA SAMA SIAPA AJA, MAU DIREMEHIN, MAU DIPANDANG SEBELAH MATA, GAK AKAN BUAT SEMANGAT SAYA BUAT PENELITIAN INI LUNTUR. KARENA SAYA MAU BELAJAR, GAK MAU BODOH TERUS, MAU ADA PERUBAHAN BEGITU SELESAI PENELITIAN INI. MAU JADI PINTAR DAN MAU JADI SARJANA FARMASI…

 

YAH SEMANGAT SEMANGAT SEMANGAT!!!!

 

“Apabila bertambah banyak pikiran dalam batinku, penghiburan-Mu menyenangkan jiwaku.” -Mazmur 94:19-

Hati yang gembira adalah obat yang manjur

Kejadian ini sebenarnya aku alami tiga hari yang lalu, pas aku sama kedua temanku lagi asik memikirkan dan memilih kado ultah untuk teman kami yang akan ultah besoknya. Rencananya kami mau adain surprise party kecil-kecilan buat dia di kost. Makanya setelah nyelesain urusan skripsi (cieee elah, kenapa berasa gaya banget kalo nyebut kata skripsi ya???), kami bertiga langsung melanglang setiap toko kado yang udah masuk daftar referensi kami. Kado yang pengen kami cari simpel, jam weker.  Cuman untuk nyari jam weker yang sesuai keinginan dan angan kami bertiga itu susah. Masuk toko pertama, gak sampai 10 menit kami udah keluar dengan tangan kosong.  Oke lanjut ke toko kedua.

Di sini, di toko kedua ini aku dapat suatu ‘penglihatan’ yang menarik. Tolong, jangan berpikir aneh-aneh tentang kata penglihatan yang aku maksud.

Jadi begini, pas masuk ke toko kado yang kedua hasrat untuk buang air kecil aku menggebu-gebu banget. Maklum sekarang lagi musim hujan dan udara lagi dingin-dinginnya. Kedua temanku lagi asik pilih kado, aku langsung ngacir nyari mas-masnya penjaga toko buat nanya kamar mandi di toko ini di mana. Setelah misi selesai dan mau keluar kamar mandi, mataku tertuju pada tulisan yang ditempel di kamar mandi itu kayak gini ni tulisannya :

DILARANG MEMBUANG SAMPAH DI KLOSET, SETELAH MEMAKAI HARAP DISIRAM YANG BERSIH (tulisan  ini emang udah biasa nampang di kamar mandi, tapi bentar ada lanjutannya)

Hati yang gembira adalah obat namun semangat yang patah mengeringkan tulang, selamat bekerja =)

Tulisan yang jadi berkat, mantap!!!

Sebuah cacatan penuh inspirasi di toilet

Wow keren!!! Ya itu kata yang keluar dari mulutku pas baca ini tulisan. Tumben aja ada  kalimat penyemangat dituliskan di kamar mandi. Sungguh tulisan ini jadi berkat buat aku yang membacanya.

Klo boleh dibilang hari itu (23’11’11) adalah salah satu hari yang paling melelahkan di minggu ini, karena aku dan kedua temanku tadi harus mondar-mandir dari kost ke laboratorium tempat kami ngerjain penelitian untuk skripsi. Jarak tempuhnya sih 15 menit  lumayan jauh juga dari kost dan yang bikin capeknya lagi skarang sedang musim hujan sementara alat transportasi kami cuma motor. Sumpah, ngendarain motor pas musim hujan itu nguras tenaga 2x lipat daripada pas hari cerah. Makanya badan serasa mikul beban puluhan kilo sore itu. Oke kembali ke topik awal…

Tapi setelah ngeliat tulisan yang terpampang jelas di kamar mandi tersebut, aku ngerasa seperti dapat energi tambahan, semua rasa capek yang tadi bikin malas untuk ngerjain segala sesuatu berubah jadi semangat baru.

Ehmmm, kayaknya ini cara Tuhan untuk ngeingatin aku lagi, buat ngelakuin segala sesuatu dengan senang hati bukan bersungut-sungut.

Emmm, ternyata lewat tulisan yang dipasang di kamar mandi bisa jadi berkat buat banyak orang, salut sama orang yang super kreatif majang itu tulisan di kamar mandi. BERKAT BANGET!!!